KHASIAT BUAH MARKISA

Buah markisa adalah salah satu dari banyak buah yang berkembang di wilayah tropis dan subtropis. Buah ini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan yang sesuai dengan karakteristik pohon ini. Buah ini disebut sebagai passiflora edulis dalam bahasa latin dan merupakan tanaman asli Amerika Selatan. Buah ini banyak berkembang juga di Indonesia. Rasanya yang asam bercampur manis memberikan cita rasa yang nikmat. Buah ini cukup disukai selain rasanya yang khas karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaatnya yang cukup besar ini menjadi daya tarik masyarakat untuk mengkonsumsi buah ini. Markisa memiliki nutrisi berupa vitamin yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai pemelihara daya tahun tubuh. Buah yang memiliki daging berwarna oranye ini mengandung vitamin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Oleh karena itu markisa dibutuhkan sebagai sumber pemenuhan kebutuhan vitamin yang ada dalam tubuh manusia.

Manfaat Markisa

Secara umum ada banyak manfaat markisa yang baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah karena markisa merupakan merupakan buah yang mengandung serat sangat tinggi. Kandungan serat yang tinggi ini dapat menjaga kesehatan pencernaan manusia sehingga usus lebih bersih dan terhindar dari penyakit. Oleh karena itu markisa sering digunakan sebagai obat pencahar alami. Bagian biji markisa juga mengandung serat yang tinggi, tidak hanya bagian dagingnya saja sehingga boleh juga dikonsumsi.

Selain kaya serat, buah markisa juga kaya akan antioksidan sebagai pencegah kanker. Ini terlihat dari kulit buah markisa yang berwarna ungu dan dagingnya yang berwarna oranye. Antioksidan berfungsi sebagai zat yang menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Karakter antioksidan dalam markisa adalah larut dalam lemak dengan kandungan air yang tinggi. Kandungan antioksidan utama pada markisa adalah beta karoten.

Manfaat markisa yang lain adalah memiliki zat yang memberikan efek ketenangan dan relaksasi. Buah markisa yang dibuat jus mampu meredakan ketegangan saraf, pikiran serta organ-organ tubuh sehingga menimbulkan ketenangan. Pada penderita asma, konsumsi buah markisa bisa menjadi pilihan untuk mengatasi asma yang sering kambuh karena dapat memberikan ketenangan pada organ paru-paru. Selain itu markisa memiliki kandungan zat yang mencegah histamin sebagai penyebab penyakit asma.

Markisa juga dapat mengatasi mereka yang kesulitan tidur atau insomnia karena buah ini mampu memberikan efek kantuk pada bagian saraf manusia yang mengakibatkan ketenangan dan relaksasi pikiran. Dengan ini para penderita insomnia dapat lebih mudah memejamkan mata karena efek dari buah markisa tersebut. Cara ini lebih baik daripada menggunakan obat tidur yang mungkin saja mengandung efek samping membahayakan di kemudian hari.

Buah markisa juga dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik. Dalam buah ini terkandung vitamin C yang cukup tinggi, sekitar 30 mg dalam setiap 100 gram buah markisa. Vitamin C ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan. Vitamin A juga terdapat dalam markisa baik untuk kesehatan mata, melawan infeksi dan menjadikan kulit bersinar dan membantu pertumbuhan sel. Nah, apakah anda masih menganggap markisa buah yang tidak penting? (iwan)

Sumber : http://ridwanaz.com/kesehatan/mengenal-buah-markisa-dan-manfaat-untuk-kesehatan/

 

Posted on November 22, 2012, in Khasiat Buah-buahan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: