Cara Investasi yang benar dan aman

INVESTASI vs TRADING

Anda harus membedakan terlebih dahulu kedua arti tersebut, karena saling bertolak belakang.

Investasi yaitu anda duduk diam dapat uang (pasif saja) , tetapi hasil yang diperoleh biasanya kurang signifikan (kalah dengan trading) dan tergantung kepada pengelola uang anda tersebut. Tetapi Investasi juga bisa aman dan untuk masa pensiun kelak jika memilih dengan benar dan tepat. Selain itu investasi juga dapat meningkatkan Capital Gain atau Pertumbuhan Modal.

Trading yaitu anda harus ikut aktif , tetapi hasil yang diperoleh bisa sangat besar ataupun justru merugi. Dan untuk Trading adalah tergantung kepada kemampuan anda sendiri.

Mengenai Trading, anda disarankan untuk menempatkan dana anda di perusahaan broker yang terpercaya dan memiliki regulasi yang jelas dan aman(Anda bisa membaca penjelasannya di halaman yang lain pada web kami yang membahas tentang broker)

Untuk Investasi, kami akan membahas di halaman ini, karena seringkali masyarakat sangat buta perihal investasi ini, dan akhirnya salah mengambil jalan dan ikut semacam Money Game, Arisan Berantai, Saham Pre-IPO yang tidak jelas, dan HYIP yang ujung-ujungnya pasti akan hilang ataupun dibawa lari uangnya oleh pengelolanya.

HYIP, Money Game dan semacamnya pasti menawarkan Mimpi-Mimpi cara cepat menjadi kaya, padahal itu semua tidak logis dan berbohong. Karena kalau dia sendiri (si pengelola tersebut) bisa begitu, maka dia sudah kaya raya kan dan buat apa repot-repot berjualan atau mencari dana orang lain lagi, dan kenapa dia juga tidak pinjam uang saja di bank… yang dimana dia hanya perlu memberi imbal hasil yang kecil kepada bank kan.. (bunga bank paling max paling hanya 1% / perbulan, bahkan di luar negeri bunga bank dibawah 1% per bulan lo)

Contoh: HYIP memberi anda return 10% per bulan (bahkan ada yang lebih), padahal kalau dia si pengelola HYIP tsb meminjam uang di bank, dia cukup memberi ke banknya 1% per bulan bukan.. (hemat 9%) , nah kenapa dia tidak pinjam ke bank saja ?? KARENA, Bank tidak bisa dibohongi, jadi dia memperdaya orang-orang awam !

Nah oleh karena itu kita harus jeli dan berpikir tajam, jangan mau dibohongi oleh orang-orang yang tidak benar seperti itu lagi.

Mengenai cara investasi yang BENAR, ada berbagai macam, yaitu:

  • Properti, seperti membeli properti dan disewakan, ataupun membeli tanah untuk disimpan (untuk membeli property, perhatikan lokasinya !)
  • Beli emas, dan disimpan untuk jangka panjang. Atau melalui media online seperti info dari artikel blog kawan kita di www.brokeremas.com
  • Kolektor produk-produk antik bernilai tinggi (lukisan, barang seni, dkk)
  • Franchise yang bisa pasif income, seperti Indomaret, Alfamart, Apotek K24, dll.
  • Bisnis (sebagai komisaris ataupun penyerta modal pasif saja), tetapi hati-hati ya karena bisnis juga banyak yang tidak benar pula. (Pelajari Sistem dan Laporan Keuangannya)
  • Berinvestasi langsung di saham-saham yang benar dan kredibel / bluechip
  • Reksadana Saham yang kompeten
  • Obligasi (bond) , diutamakan yang Obligasi Pemerintah agar lebih aman seperti ORI (Obligasi Republik Indonesia), ataupun Obligasi dari perusahaan swasta yang sudah solid seperti Astra.
  • SUN (Surat Utang Negara), Sukuk
  • Deposito di bank (jangan di rentenir ya), tapi deposito sangat kecil returnnya dan bisa habis termakan inflasi. (Tidak disarankan untuk Deposito !)
  • Pemilihan Unit Link secara tepat pada produk Asuransi

Mengenai beberapa produk investasi diatas, kami tidak membahas semuanya, karena kompleksitasnya yang bila dibahas di sini tidak akan selesai dan sangat panjang. Kami hanya membahas secara Singkat mengenai Investasi Jangka Pendek (bisa untuk cash flow) di Strategi Investasi Emas Online , serta untuk Jangka Panjang dan Menengah di Reksadana, Obligasi, ORI, Sukuk dan Unit Link Asuransi.

Untuk pemilihan lembaga investasinya (khususnya untuk produk Reksadana, ORI, Sukuk, Obligasi), kami menyarankan anda untuk ikut pada produk-produk yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang resmi dan legal di Indonesia (yang terdaftar di BAPEPAM), seperti pada produk-produk yang ditawarkan di Bank-Bank yang BESAR (sebaiknya jangan di bank-bank kecil ya), selain itu di produk-produk pada perusahaan sekuritas yang resmi terdaftar di Bapepam itu juga boleh (seperti Danareksa, Trimegah, Mandiri Sekuritas, Panin Sekuritas, dll). ATAU anda bisa berkonsultasi kepada kami terlebih dahulu secara Gratis daripada tersesat.

Pemilihan produknya boleh pada produk-produk investasi yang umum, yaitu seperti Emas, Reksadana, Unit Link Asuransi, Obligasi (bond), ORI, Sukuk Ritel, dan bahkan Deposito.

Bersambung……

Sumber : http://brokerforex.com/investasi-profit-besar/cara-investasi-yang-benar-dan-aman/

Gambar : http://www.bumn.go.id/

 

Posted on November 23, 2012, in Investasi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: